bg

1 December 2013

Belajar dewasa :)


"Ketika kita terlalu sering menggunakan suatu kata, maka makna sejati dari kata tersebut akan memudar atau bahkan benar-benar berubah." -Adel, temen di fortify 
That quote may be similar with this case:
Suatu sistem diciptakan pasti ada tujuan. Ketika sistem yang ada terus menerus dijalankan hanya dan hanya karena terbiasa, kata “tujuan” itu perlahan terlupakan. Sehingga kita hanya menyelesaikan tahap demi tahap. Tetapi ketika tiba di akhir barulah kita berfikir, apa sebenarnya tujuan akhir kita?


Hmm if you know what I mean, ini agak mengarah kemana yaaa???

Ini loh yang bikin anak-anak smansa jadi kurus ._. (?) Yap! Sistem pendidikan di Indonesia...
Tujuan pendidikan itu kan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tapi makin kesini kok kaya terlupakan ya? Semua anak sekolah tapi cuma dikasih materi, materi, materi. Anak sekolah cuma ngejar materi, terus ujian, abis itu naik kelas, lanjut, lulus, kerja, terus bingung. yang gagal, jadi orang susah, stres, terus jadi tambah males. yang udah kaya masih aja pengen tambah kaya sampe sampe korupsi. Huff


Ehm. Terus? Semenjak aku makin gede, apalagi udah masuk SMA, semakin sering mikir gini:
1. Kenapa harus belajar pelajaran yang ga nyambung sama cita-cita.
2. Too much lessons. Reduce my time to focus on what I love and I'm good at
3. Buat apaan punya nilai bagus? Toh semua orang bisa dapetin itu. Dengan cara apapun.
4. Tugas-tugan ngerepotin Bzzzz
.
.
dst blablablablablablabalabalabala....
Intinya, Aku ga ambisius terhadap hal yang ga aku anggep ga penting atau ga terlalu aku sukain. Dan aku sering nyalahin sistem pendidikan Indonesia yang kayanya tuh terlalu bertele-tele dan ga fokus.

TAPI TAPI TAPI TAPI TAPI.....
yaa namanya juga remaja labil. Ekspresif pula. Dan mungkin mindset aku emang beda sama kebanyakan orang. Tapikan, aku udah SMA. Harus mulai belajar dewasa :) Coba untuk berfikir lebih luas. Mungkin harus ada nilai lain yang diambil dari sekolah. misalnya:
-Belajar mendengarkan
Guru masuk pasti ngomonginnya bukan pelajaran doang kan, mungkin aja ada petuah, nasehat, atau bahkan curhatan? Gaada ruginyaa kok kalo kita perhatiin ya, paling nggak dengerin beliau. Jangan tidur(Kalo ngantuk banget setidaknya berusaha tetep dengerin) Karna siapa tau kan ada berkah dari situ?

-Menikmati tugas
Kalo menurut kita tugas itu ngga penting atau aneh, dll. Ambil sisi lain! Misalnya dari tugas itu kita belajar tanggung jawab, sungguh-sungguh, dll. Karna yang kaya gitu, malah bekal umum utama buat sukses :)

-Sedikit berkorban
Dulu aku mikir kalo belajar yang lain-lain, nanti bakal kekurangan waktu buat belajar hal yang aku targetin lebih. Nah, kalo gitu harus ada yang dikorbanin doong? Baiklah, karena harus belajar dewasa, maka kita harus bersahabat dengan waktu #cieee ya pokoknya waktu itu limited. jadi jangan dibuang buat main aja ya. Dan kalo masih kurang juga, korbanin sikii lah waktu istirahat. hehe :)

source: google.com

Intinya? *lagi
Biasakan hal yang benar dan jangan membenarkan suatu hal karena sudah biasa karena yang biasa belum tentu benar. 
Dan jangan hanya mengeluh atas suatu hal, tapi teladani sisi baiknya, dan jika mungkin, perbaiki sisi buruknya.



No comments:

Post a Comment